Sabtu, 26 Oktober 2019

Cara mengatasi Vertigo Secara Tradisional

Jika anda atau keluarga Anda sering mengalami Gangguan Vertigo , Sangat penting untuk diketahui dari Sekarang , sebab  Artikel ini bisa sangat bermanfaat membantu hidup mereka .

Letih dan dirasakan siapa takut !!! Inilah yang dirasakan seseorang sekeras apapun ia  vertigo dan sakit di seluruh tubuh akan menghampiri lagi.

Meskipun tampak sepele  tetapi penyakit ini cukup menyiksa karena gejalanya bisa  muncul tiba- tiba  tanpa mengenal kondisi dan waktu.

Seorang yang mengalami vertigo akan merasakan sakit kepala yang luar biasa sehingga lingkungan sekitar terasa berputar putar. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, sebab keseimbangan tubuh terganggu.

Jangankan untuk berjalan normal, seorang penderita vertigo akan sulit untuk berdiri karena timbulnya perasaan seolah olah ingin jatuh. Oleh karena itu, bila vertigo menyerang, si penderita hanya mampu beristirahat di tempat tidur sampai kondisinya membaik.

Untuk mengatasi , biasanya penderita vertigo akan mengkonsumsi obat khusus vertigo. Tetapi dipercaya dapat mengatasi vertigo , tetapi sebaiknya jangan sampai ketergantungan pada obat-obatan kimia.

Yang dikawatirkan akan timbul masalah kesehatan mengingat sebagian besar obat obatan medis memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Oya berikut ada suatu cara sederhana dan alami untuk mengatasi vertigo. Sehingga anda tidak perlu Selalu mengkonsumsi obat kimia, jika terserang vertigo.

Berikut 10 langkah yang perlu anda ketahui yaitu :

 

1. Minum banyak air putih

Agar tubuh bugar adalah terpenuhinya kebutuhan cairan dalam tubuh. Minumlah air putih 8 gelas perhari untuk mencegah dehidrasi . Seorang yang kurang minum air putih akan sering mengalami sakit kepala. Kondisi ini dapat memicu munculnya vertigo. Maka, biasakanlah meminum 8-10 gelas air putih dalam sehari agar mengurangi risiko serangan vertigo.

2. Perbanyak mengkonsumsi makanan berprotein

Salah satu penyebab vertigo adalah terganggunya sistem syaraf. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan. Makanan yang mengandung protein dan asam amino sangat baik untuk menjaga sel-sel dan jaringan tubuh. Selain itu juga dapat memperbaiki fungsi syaraf dan memperlancar sirkulasi darah. Oleh karena itu, makanan berprotein sangat baik dikonsumsi para penderita vertigo.

3. Latihan konsentrasi

Cobalah menatap suatu objek yang berada di depan anda ketika anda merasakan mual atau saat tanda vertigo akan muncul. Jika anda berada diluar ruangan. Anda bisa memperhatikan kendaraan yang berlalu lalang satu persatu. Berlatihlah untuk fokus melihat benda selama lima menit agar mengurangi risiko kehilangan kesadaran saat vertigo menyerang.

4. Latihan fisik

Beberapa gerakan seperti mengerakkan sendi , kepala dan bola mata dapat menjadi terapi latihan fisik bagi anda yang mengidap vertigo. Anda juga bisa melakukan yoga untuk melatih keseimbangan tubuh. Untuk meningkatkan kinerja bola mata, Anda bisa melatih gerakan bola mata Anda ke kiri dan ke kanan selama beberapa menit. Hal ini sangat berguna agar syaraf di kepala lebih aktif dan mencegah  kehilangan kesadaran jika terserang vertigo.

5. Mengonsumsi susu dan olahan sejenis

Susu dan yoghurt sangat baik dikonsumsi bagi penderita vertigo.

Selain menambah asupan gizi dan menunjang kesehatan , susu juga dapat membantu tubuh agar beristirahat dengan mudah.

Seseorang yang memiliki penyakit vertigo sangat rentan kelelahan. Maka hindari  begadang dan atur pola tidur. Sebelum tidur, dianjurkan minum segelas susu hangat agar waktu istirahat terasa lebih nyaman.

6. Hirup aromaterapi

Cara yang bisa anda terapkan untuk meredakan vertigo adalah dengan menghirup aroma terapi. Aroma terapi dengan wangi Citrus dapat membantu meredakan rasa mual dan pusing saat vertigo menyerang. Tetapi jika Anda tidak memiliki aroma terapi dengan wangi citrus, Anda bisa menggunakan aroma terapi lain yang Anda suka. Misalnya jika Anda suka aroma minyak kayu putih, hiruplah aromanya dalam-dalam. Hal ini dapat membantu  meregangkan syaraf-syaraf kepala yang menegang dan memberikan efek relaksasi untuk mengurangi rasa nyeri akibat vertigo.

7. Rutin Sarapan

Idealnya , sesorang harus makan 3 kali dalam sehari agar asaupan gizi tubuh terjaga. Tetapi, terkadang seseorang sering melewatkan sarapan dengan alasan tidak sempat. Padahal, sarapan sangat penting untuk memberi nutrisi dan asupan energi sebelum tubuh memulai aktivitas di pagi hari.

Saat seseorang melewatkan sarapan, maka kondisi tubuh akan cepat lelah sehingga memicu munculnya berbagai macam penyakit. Maka untuk mengurangi risiko vertigo, Anda perlu rutin sarapan meskipun dalam porsi kecil. Selain sarapan, perhatikan juga pola makan di siang dan malam hari, serta upayakan untuk makan tepat waktu.

8. Jaga kesehatan telinga

Bagi pengidap vertigo , penting menjaga kesehatan telinga. Karena syaraf telinga sangat berhubungan dengan syaraf-syaraf di kepala. Bersihkanlah telinga minimal 2 kali dalam sepekan agar bakteri tidak bersarang di dalam telinga. Menjaga kesehatan telinga juga bisa menghindarkan Anda dari bahaya vertigo akut.

9. Tidak  Mengkonsumsi kafein secara berlebihan.

Kopi merupakan minuman yang paling bsnyba mengandung kafein dan cenderung membuat seseorang ingin buang air kecil setelah meminumnya, sehingga menyebabkan cairan tubuh kurang .Kafein yang berlebihan juga dapat merusak sistem metabolisme dalam tubuh dan akan memberikan dampak buruk lainnya bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak meminum kopi lebih dari 2 gelas dalam sehari. Bagi penderita vertigo, sangat dianjurkan mengurangi atau bahkan menghindari kafein.

10. Perbaiki posisi tidur

Saat akan tidur dimalam hari , ada baiknya jika posisi bantal kepala anda sedikit lebih tinggi. Selain itu , saat anda baru bangun tidur bangkitlah secara perlahan dan hindari gerakan yang terlalu tergesa-gesa…

. Sempatkanlah duduk selama 1-2 menit sebelum meninggalkan tempat tidur. Nah , moms , jangan buru buru minum obat ya saat vertigo menyerang . Yang penting , anda perlu membiasakan pola hidup sehat dan melakukan terapi bekam untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Makan makanan sehat , rutin berolahraga dan berfikir positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar